Turut Andil dalam Pelestarian Lingkungan, Karyawan PDAM Kota Malang Nyemplung Bersih-bersih Sungai Kalisari

 

Malang 13 Oktober 2019

Sungai merupakan Sumber Air untuk seluruh makhluk hidup, sumber air yang tercemar dan dalam jangka waktu panjang akan membahayakan bagi kesehatan, oleh karena itu menjaga kebersihan dan kelestariannya adalah tugas kita semua. Dalam rangka turut serta Menjaga kebersihan alam, beberapa karyawan PDAM Kota Malang bersama ratusan partisipan lainnya telah berkumpul di Taman dekat sungai kalisari pandanwangi, Kecamatan Blimbing, untuk mengikuti Acara Gerakan Kesadaran alamku Hijau Sinergitas lintas batas Dalam rangka hari jadi ke- 74 TNI sekaligus menyambut HUT ke- 74 Brimob, Minggu (13/10)

            Tidak terkecuali Direktur Utama PDAM Kota Malang M Nor Muhlas, S.Pd, M.Si, Direktur Teknik Ir. Ari Mukti, MT dan Direktur Administrasi dan Keuangan Moch Syaifudin Zuhri, SE,MM turut menghadiri acara tersebut. PDAM Kota Malang turut berkerja sama dengan anggota TNI membersihkan sampah di sungai Kalisari. Tidak ketinggalan pula orang nomor 1 (satu) kota Malang, Bapak Drs. H Sutiaji ikut terjun ke sungai untuk membersihkan sampah setelah meminjam sepatu bot milik salah satu petugas kebersihan.

            Dalam kurun waktu dua jam, pukul 08.00–10.00,  berhasil mengangkat sekitar 8 ton sampah. Mayoritas sampah popok bayi. Selain membersihkan sampah di Kalisari, event yang diikuti pelajar, organisasi masyarakat (ormas) itu juga menggelar aksi tanam pohon. Turut sertanya PDAM Kota Malang dalam acara ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam, khususnya di wilayah Kota Malang.

            Turut hadir dalam event tersebut adalah Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander, Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Tedy Purnanto, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, Danlanal Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Zainuddin.”Ada berbagai elemen yang hadir. Ada TNI, Polri, dan masyarakat yang menunjukkan kemauan dan antusiasnya menjaga lingkungan,” ujar Bapak Sutiaji dalam sambutannya kemarin.

”Pampers banyak ditemukan di sini (Kalisari). Kami pesan kepada masyarakat luas agar tidak membuang sampah ke sungai lagi. Apalagi sebentar lagi musim hujan,” tambah Bapak Sutiaji

Sebagai tindak lanjut bersih-bersih kali ini, Sutiaji mengagendakan pertemuan tiga kepala daerah Malang Raya yang khusus membahas permasalahan sampah. Selain Sutiaji, berarti ada Bupati Malang H.M. Sanusi dan Wali Kota Batu Dewanti. ”Rencananya pertemuan itu kami agendakan tanggal 23 Oktober,” ”Urusan sungai ini urusan bersama. Kalau berkaitan dengan penanganan sampah, itu sudah menjadi masalah kita semua,” ungkap Bapak Sutiaji.

                                                                                                            Humas PDAM Kota Malang